Tips Menjelajah Hutan Bagi Pemula

Hutan memang seringkali dijadikan sebagai destinasi liburan bagi para wisatawan yang jenuh dengan hiruk pikuk kawasan perkotaan.

Ada beberapa hal yang menarik yang ditawarkan oleh hutan kepada para wisatawannya. Seperti panorama hijau yang memukau, hingga angina segar yang menyejukkan.

Hutan juga bisa dijadikan tempat untuk mengamati aktivitas satwa lebih dekat oleh para wisatawan. Jika kalian belum pernah ke hutan, ada baiknya kalian memperhatian tips berikut.

1.Jangan Gunakan Pakaian Terbuka dan Parfum

Jangan Gunakan Pakaian Terbuka dan Parfum

Sebelum berpetualang ke hutan, ada baiknya kalian memperhatikan pakaian yang akan digunakan. Pastikan kalian mengenakan baju yang pas dengan keadaan hutan.

Jangan sampai baju yang kalian gunakan malah membuat kalian terjebak dalam berbagai situasi sulit. Hutan juga diketahui menjadi habitat untuk para serangga yang bisa saja menggigit manusia.

Karena itulah, kalian dianjurkan untuk menghindari pakaian terbuka seperti kaos lengan bunting atau hotpants. Untuk menghindari gigitan serangga, kalian bisa menggunakan kaos dan celana lengan panjang saat berjalan di hutan.

Selain itu, manfaat lain yang bisa didapat jika menggunakan pakaian panjang saat berkunjung ke hutan diketahui bisa menjauhkan kulit dari risiko tergores kayu selama perjalanan.

Karena itulah, gunakan pakaian yang panjang agar perjalanan kalian di hutan bisa berlangsung dengan nyaman.

Selain itu, banyak orang yang diketahui menggunakan parfum saat ingin pergi ke suatutempat. Tujuannya tidak lain adalah untuk membuat aroma badan terasa harum dan wangi.

Namun, kalian dianjurkan untuk tidak menggunakan parfum saat hendak ke hutan. Karena, menggunakan parfum di hutan bisa mengantarkan kalian ke dalam situasi tak mengenakkan.

Bau manis yang berasal dari parfum diketahui bisa memancing kedatangan serangga hutan. Misalnya seperti lebah atau tawon.

Jika menggunakan parfum, bukan tak mungkin kalian akan terus diikuti serangga – serangga itu selama berjalan di hutan. Jadi, usahakan tidak menggunakan parfum jika berniat masuk ke dalam hutan ya.

2.Gunakan Pakaian Hitam, Lotion Anti Nyamuk, dan Bawa Barang Yang Dibutuhkan Saja

Gunakan Pakaian Hitam, Lotion Anti Nyamuk, dan Bawa Barang Yang Dibutuhkan Saja

Banyak hal menarik yang bisa kalian lakukan saat berpetualang di dalam hutan, mulai dari mengamati keindahan panorama alam hingga menyaksikan tingkah laki satwa liar.

Jika tertarik melihat aktivitas hewan, kalian sebaiknya memperhatikan pakaian yang ingin kalian gunakan.

Sebelum mengamati gerak – gerik satwa di hutan, kalian disarankan untuk menggunakan pakaian gelap atau pakaian dengan warna yang sama seperti keadaan hutan.

Jenis warna baju yang bisa kalian gunakan di dalam hutan di antaranya adalah biru gelap, hitam, cokelat gelap, atau hijau gelap.

Saat menggunakan pakaian itu, keberadaan kalian tak akan begitu disadari oleh hewan – hewan di dalam hutan.

Karena, warna pakaian sangat mirip dengan warna lingkungan sekitar. Dengan begitu, pakaian berwarna gelap itu akan menjauhkan kalian dari berbagai kemungkinan buruk.

Daerah hutan biasanya dihuni oleh nyamuk berukuran besar, jika sudah terkena gigitan nyamuk ini, kalian akan mencoba rasa sakit yang cukup terasa di kulit.

Gigitan nyamuk hutan juga bisa meninggalkan bekas yang cukup lama. Untuk mencegah hal itu terjadi, kalian disarankan menggunakan lotion anti nyamuk sebelum masuk ke hutan.

Kalian bisa mengoleskan krim tersebut ke bagian kulit terbuka, misalnya leher, kaki, tangan, dan lain-lain. dengan begitu, kalian bisa menikmati perjalanan di hutan tanpa terganggu gigitan nyamuk.

Saat menyambangi daerah hutan, kalian sebaiknya tidak menenteng barang dalam jumlah teramat banyak.

Kalian dianjurkan hanya membawa barang-barang penting dalam tas ransel kecil ketika mulai bersafari. Tujuannya adalah untuk memudahkan mobilitas kalian selama berada di dalam hutan.

Kalian bisa menaruh barang bawaan lainnya di basecamp. Dengan begitu, perjalanan tidak akan terhambat oleh bobot barang yang dibawa dalam tas. Kalian pun dapat menikmati keindahan alam hutan secara lebih leluasa.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan sebagai pemula yang ingin bersafari di dalam hutan. Tentu saja kalian harus tetap berhati – hati dan kalau bisa jangan pergi sendirian untuk menghindari tersesat. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas